Jejak Langkah Sang Penggerak (Jurnal Refleksi Minggu ke 5 PGP)

Peserta Didik yang Bahagia dan Merdeka Jiwa serta Pikirnya

~Jurnal Mingguan: Visi Guru Penggerak~

            Pada akhir minggu ini, para calon guru penggerak angkatan kedua yang sedang mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP) sudah menyelesaikan kegiatan minggu kelima dan bersiap mengikuti kegiatan minggu keenam baik berupa tugas mandiri di Learning Manajement Sistem (LMS), tatap maya dengan instruktur pada webinar ataupun refleksi terbimbing berupa diskusi dalam kelompok ataupun antar kelompok bersama fasilitator, seluruh kegiatan itu dilaksanakan untuk mengupas tuntas dan memaknai Visi Guru Penggerak.

            Memaknai materi visi guru penggerak, ada beberapa hal yang saya garis bawahi. Diantaranya adalah, menjadi guru bukan tentang tanggung jawab administrasi saja, tetapi kita sedang membangun manusia, untuk sebuah peradaban agung masa depan. Satu lagi yakni menentukan visi dari sekarang adalah upaya memilih tongkat untuk menjadi panduan dalam bergerak ke arah perubahan besar. Oleh sebab itulah, berusaha memahami dengan baik konsep-konsep pada materi Visi Guru Penggerak adalah langkah pertama dalam menentukan visi guru penggerak.

            Merasa tertantang untuk berinovasi, itulah kalimat yang mewakili perasaan saya ketika memaknai materi Visi Guru Penggerak. Sebagai Calon Guru Penggerak (CGP), mau tidak mau saya harus memaksa diri untuk membuat peta tindakan dalam mewujudkan visi tersebut.

            “Bahagia dan Merdeka Jiwa serta Pikirnya” adalah Visi Guru Penggerak yang sudah saya rangkai dalam rangka memaknai materi Visi Guru Penggerak kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *