Kelompok Nelayan KLU Mendapat Bantuan Sarana Tangkap Ikan

Lombok Utara – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Lombok Utara untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beberapa waktu lalu (Kamis, 18/06/2020), bertempat di halaman Kantor Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (Dishublutkan) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH menyerahkan bantuan sarana alat tangkap ikan kepada sejumlah kelompok nelayan yang ada di 5 Kecamatan di Lombok Utara.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan kepada 63 kelompok  berupa nelayan tersebut yaitu jaring, alat pancing , mesin tempel, mesin ketinting, cool box, alat penerangan, serta alat panah ikan.

Pada kesempatan itu, Bupati menjelaskan bahwa penyerahan bantuan alat tersebut merupakan wujud ikhtiar Pemerintah Daerah untuk menciptakan 10.000 Wirausaha baru (WUB) berdasarkan program yang terangkum dalam RPJMD dengan anggaran yang disiapkan sebesar 30 Miliar.

FB_IMG_1592526854535Berdasarkan laporan yang diterima dari Kabag Ekonomi Setda KLU, Wahyu Darmawansyah pada akhir tahun 2019 kemarin, Bupati menyampaikan bahwa jumlah penerima barang di Lombok Utara telah melebihi target awal yang telah ditetapkan yaitu mencapai 25.000 orang begitu pula dengan jumlah uang yang dikucurkan oleh Pemerintah Daerah untuk pembelian barang diberbagai lintas sektor kelompok usaha.

“Kalau wirausaha baru ini jumlah uang yang kita butuhkan 30 Miliar, tetapi dengan memberikan barang ini, diakhir tahun kemarin saja itu sudah melebihi angka 68 Miliar uang yang kita pakai untuk memberikan barang untuk masyarakat” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, H. Najmul Akhyar berharap bantuan yang diserahkan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh nelayan guna meningkatkan produktivitas dan juga pendapatan disektor perikanan.

“Mudah-mudahan dengan alat yang diberikan ini bisa menambah penghasilan epe pada (para nelayan_red)” harap Bupati.

FB_IMG_1592526842209Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (Dishublutkan) KLU Iwan Maret Asmara S.Sos melaporkan bahwa jumlah penerima bantuan pada tahun ini sebanyak 63 kelompok nelayan dimana jumlah itu merupakan sisa dari kelompok yang sudah menerima bantuan di tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi didalam aturan, bagi yang sudah mendapat bantuan tahun lalu kita tidak berikan tahun ini karena tidak boleh double” terangnya.

Lebih jauh, di masa pandemi Covid-19 saat ini, Iwan Maret menyampaikan bahwa anggaran yang diprogramkan sebelumnya oleh Dishublutkan banyak dialihkan untuk penanganan Virus Corona, namun atas persetujuan Bupati Lombok Utara anggaran untuk pemberian bantuan alat kepada para nelayan, tetap bisa dijalankan hanya saja berkurang jumlahnya.

“Sebenarnya lumayan anggaran yang telah kami persiapkan sekitar 5 Miliar, tetapi dengan wabah pandemi Covid ini, yang 5 Miliar itu dipotong lagi akhirnya sisa 3 Miliar, nah yang 3 Miliar ini kami kondisikan untuk memberikan pengadaan alat-alat yang akan diberikan kepada pelungguh-pelungguh semua (para nelayan_red)” kata Iwan Maret.

Sebelum penyerahan, Iwan Maret menjelaskan, dari 20 jenis bantuan yang direncanakan hanya bisa terealisasi 12 jenis, namun 8 sisanya masih dalam proses pengadaan yang akan diselesaikan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Acara serah terima bantuan sarana penangkapan ikan kepada kelompok nelayan tersebut turut disaksikan oleh para Camat Se-KLU, Kades serta beberapa Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Lombok Utara.

Informasi disadur dr laman Facebook Diskominfo KLU (Yoan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *