Penting, Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Equilibriumnews – Perkembangan peradaban menuntut pembaharuan sistem pada segala lini, sehingga berbagai aktivitas penting dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan tersistem baik secara mandiri maupun kolektif. Bidang penting yang sangat membutuhkan pola kerja ini adalah organisasi, baik organisasi pemerintah maupun swasta. Masalah data selalu menjadi masalah krusial yang pada akhirnya akan dapat diatasi dengan mudah, dengan catatan semua pihak yang berkompeten dan terkait di dalamnya harus turut serta secara proaktif mendukung bahkan terlibat di dalamnya.

Indonesia sudah melakukannya sejak beberapa waktu yang lalu, membangun basis data digital secara besar-besaran. Sudah dapat dikatakan berhasil dengan berbagai tolok  ukur, meski memang dibutuhkan perbaikan dan penyempurnaan secara terus menerus mengingat data merupakan salah satu aspek pembangunan yang perkembangannya sangat dinamis. Termasuk diantaranya adalah data pegawai pada lingkup pemerintahan di seluruh daerah dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemerintah sudah menetapkan agar seluruh pegawai melakukan PDM (Pemutakhiran Data Mandiri) melalui aplikasi maupun website my SAPK BKN (untuk melakukan Pemutakhiran Data Mandiri dapat klik di sini) yang berlaku untuk seluruh ASN dan PPT Non-ASN.

Dilansir dari laman my SAPK BKN, kegiatan PDM dimaksud sudah dapat dilakukan seluruh pegawai sejak tanggal 15 Juli 2021 lalu (sesuai periode jadwal instansi) untuk para PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan akan berakhir tanggal 14 Oktober 2021. Artinya masih tersisa 69 hari lagi kesempatan bagi para pegawai PNS untuk melakukan update data diri. Sementara untuk jadwal yang berlaku untuk pegawai dengan status PPPK dan PPT Non-ASN akan disampaikan kemudian.

Masih dari laman yang sama, diketahui beberapa informasi penting bahwa PDM merupakan proses pembaharuan data secara mandiri yang dilakukan oleh PNS, CPNS, PPPK dan juga Pejabat Pimpinan Tinggi Non-ASN. Di dalamnya terdapat 12 macam data riwayat termasuk data diri yang perlu dimutakhirkan secara mandiri oleh pegawai. Data dimaksud adalah Data Perorangan, Riwayat Pangkat/Golongan Riwayat, Pendidikan, Riwayat Jabatan, Riwayat Peninjauan Masa Kerja, Riwayat CPNS/PNS, Riwayat Diklat/Kursus, Riwayat Keluarga, Riwayat SKP, Riwayat Organisasi, Riwayat Penghargaan/Tanda Jasa dan Riwayat CLTN

Sedangkan untuk PPPK dan PPT non ASN data yang harus diremajakan antara lain Data Perorangan, Riwayat Diklat/Kursus Riwayat Penghargaan/Tanda Jasa, Riwayat Keluarga dan Riwayat Organisasi. Periode pemutakhiran data sudah dapat dilihat pada dashboard aplikasi mysapk. Per tanggal 16 Juli 2021 sementara baru dapat menggunakan aplikasi mysapk versi web (mysapk.bkn.go.id) sedangkan untuk android akan segera diupdate pada playstore Untuk info lebih lanjut, silahkan menuju portal PDM.

&&&&&

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *