Plt. Bupati KLU Sampaikan Progres Pembangunan RTG

Lombok Utara – Pemerintah Daerah Lombok Utara bersama segenap jajarannya menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT TNI (Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia) yang ke-75 di halaman kantor Bupati Lombok Utara (Tanggal 5 Oktober 2020). Kegiatan dimaksud juga dirangkaikan dengan Netralitas ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam PILKADA serentak tahun 2020 yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. Pada kesempatan tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lombok Utara H. Sarifudin, SH., MH juga menyampaikan data terkini progres pembangunan rumah tahan gempa (RTG) di Kabupaten Lombok Utara agar diketahui oleh masyarakat secara umum.

Berdasarkan data terbaru yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara pertanggal 28 September 2020, jumlah POKMAS yang sudah terbentuk di Kabupaten Lombok Utara dalam tiga kategori berdasarkan kondisi kerusakan rumah (rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan) berjumlah 3.754 kelompok. Dari jumlah POKMAS dimaksud terdapat anggota sebanyak 43.093 KK (Kepala Keluarga). Sedangkan untuk rekapitulasi jumlah RTG keseluruhan sebanyak 62.320 unit, dimana RTG yang sudah selesai pembangunannya sebanyak 37.129 unit. RTG dalam progres sebanyak 5.964 unit. PLT Bupati juga menjelaskan bahwa untuk saat ini jumlah LPJ (Laporan pertanggungjawaban) yang terkumpul sudah mencapai angka 19.227 unit. Untuk sisa LPJ yang belum, diharapkan dapat selesai sesegera mungkin agar semua proses berjalan baik dan sebagaimana mestinya.

Melalui kesempatan itu, H. Sarifudin juga menyampaikan bahwa capaian pembangunan RTG tersebut patut disyukuri. KLU merupakan daerah terdampak gempa paling parah dari daerah lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari konsistensi dan kerja keras bersama yang tanpa lelah melakukan terobosan penanganan keadaan pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur sebagai dampak dari gempa bumi pada tahun 2018 silam. Dan dewasa ini, daerah Lombok Utara juga kembali diuji dengan pandemi yang berlangsung secara global berupa Covid-19. “Dengan sinergi yang erat dan kerja optimal, kita mampu menangani dengan baik,” tuturnya. Lebih jauh, Plt. Bupati menjelaskan, meski dalam kondisi yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19, akselarasi pembangunan RTG di Kabupaten Lombok Utara akan tetap berjalan. Yang terpenting adalah masyarakat berperan aktif untuk sama-sama menjaga kondusifitas di tengah bencana non alam pandemi Covid-19 demi keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Lombok Utara. Terlebih saat ini Lombok Utara sedang menyongsong pelaksanaan PILKADA.

Terkait pesta demokrasi Pilkada Lombok Utara yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang, H. Sarifudin mengingatkan kepada seluruh ASN agar menaati kode etik ASN sebagaimana dijabarkan dengan jelas dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 yang menekankan pada Netralitas PNS. Sebagaimana dipahami bersama bahwa Peraturan Pemerintah di atas juga dipertegas dalam kode etik ASN yangtercantum dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor B/71/M.S00.00/2017 Tanggal 27 Desember 2017. Inti dari SE tersebut adalah PNS dilarang mengikuti segala bentuk kegiatan proses Pilkada dan pendekatan tertentu kepada Parpol, pasangan calon maupun pihak terkait lainnya yang berhubungan langsung dengan aktivitas Pilkada. Di akhir sambutannya, PLT Bupati menyampaikan harapan”Semoga kita dapat menciptakan pemilihan Bupati yang kondusif pada 9 Desember mendatang, sebab suksesnya pemilihan Bupati 2020 adalah sukses kita bersama.” (IR-75)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *