Seni Membuat Presentasi Lebih Menarik

EquilibriumNews – Era pembelajaran daring menuntut kreativitas dan inovasi pendidik dalam menyajikan materi pelajaran kepada siswa dan mahasiswa dengan cara yang menarik, agar mereka tidak jenuh mengikuti kegiatan parade presentasi lewat zoom atau google meet. Hal serupa juga menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa, ketika hendak memenuhi kewajiban untuk melakukan presentasi di hadapan teman dan dosen.

Kebutuhan akan presentasi tidak eksklusif dimiliki oleh kalangan pendidikan. Perkembangan model dan pola dalam penyelenggaraan kegiatan dewasa ini menuntut agar segenap lapisan masyarakat yang berkepentingan untuk dapat menguasai teknik presentasi agar audiens menjadi lebih betah. Ketika melakukan presentasi, itu berarti bahwa kita sedang membuka ruang komunikasi dengan audiens secara verbal dan visual. Komunikasi verbal adalah kata-kata yang Anda sampaikan pada audiens Anda. Sementara, komunikasi visual adalah apa yang Anda tampilkan di dalam slide presentasi.

Untuk memenuhi hal tersebut, maka slide presentasi yang visualnya menarik tentu sangat penting. Perpaduan antara kekuatan verbal yang disertai dengan tampilan visual akan mampu memberikan pengaruh kepada 67% audiens (Wharton School of Business). Ini berarti bahwa slide yang bagus merupakan slide yang visual dan menarik. Slide tersebut bisa mempengaruhi perasaan audiens, menjadikan audiens bersemangat, berpikir, gembira, bahkan sampai mengambil keputusan untuk menerima ide yang disampaikan.

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah slide yang dibuat penuh dengan tulisan yang panjang. Jika membuat slide presentasi seperti itu, maka Anda akan membuat bosan audiens. Cara yang efektif adalah membuat slide yang berisi ringkasan gagasan yang dapat berupa gambar, diagram atau kata kunci yang sederhana. Rancanglah slide presentasi Anda sedemikian rupa, sehingga audiens yang melihatnya akan dapat menangkap maksud slide tersebut.

Dikutip dari laman LLDIKTI 8, berikut disajikan 5 model desain slide presentasi yang visual dan menarik yang dapat Anda jadikan ide bagi penyiapan bahan presentasi.

Desain # 1 : Shape dan Gambar Foto

Slide di atas dibuat hanya dengan menggunakan gambar yang dimasukan ke dalam shape rectangle rounded corners dengan menggunakan fitur merge shape. Membuat slide presentasi di atas sangat sederhana dan mudah. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Masukan empat shape rectangle rounded corners.
  2. Masukan gambar foto yang relevan dengan kata kuncinya ke dalam shape tersebut dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Gambar foto yang sudah masuk ke dalam shape lakukan penyesuaian dengan mengklik gambar foto tersebut, klik fitur shape format/format, klik fitur crop, kemudian lakukan penyesuaian gambar foto aslinya dengan menarik ujung foto ke dalam shape.
  4. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di bawah gambar foto.

Desain # 2 : Shape dan Icon

Slide di atas adalah variasi pertama dari model desain slide # 1. Slide tersebut dibuat hanya menggunakan shape, icon dan kata kunci. Sekalipun slide di atas dibuat tanpa gambar foto, slide tersebut tetap dapat tampil visual dan menarik. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan empat shape rectangle rounded corners.
  2. Masukan empat shape oval yang diisi dengan icon
  3. Masukan empat shape isosceles triangles yang diputar balik 180dan diberi nomor 1,2,3 dan 4.
  4. Masukan shape rectangle dari ujung kiri sampai ujung kanan slide untuk mempercantik tampilan slide.
  5. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di dalam masing-masing shape rectangle rounded corners.

Desain # 3 : Shape dan Gambar Foto

Slide di atas merupakan variasi kedua dari model desain slide # 1. Sesungguhnya, slide diatas mirip dengan model desain slide # 1. Yang membedakan adalah shape menggunakan bentuk oval. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan empat shape oval.
  2. Masukan gambar foto yang relevan dengan kata kuncinya ke dalam shape tersebut dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Gambar foto yang sudah masuk ke dalam shape lakukan penyesuaian dengan mengklik gambar foto tersebut, klik fitur shape format/format, klik fitur crop, kemudian lakukan penyesuaian gambar foto aslinya dengan menarik ujung foto ke dalam shape.
  4. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di bawah gambar foto.

Desain # 4 : Shape, Gambar Foto dan Icon

Slide di atas adalah variasi ketiga dari model desain slide # 1. Slide tersebut dibuat dengan menggunakan shape, gambar foto, icon dan kata kunci. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan dua shape oval dengan titik pusat yang sama.
  2. Masukan gambar foto ke dalam shape oval yang lebih kecil dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Masukan empat shape arrow pentagon.
  4. Masukan empat shape oval pada empat shape arrow pentagon yang diisi empat icon.
  5. Tambahkan dua pasang shape oval yang dikecilkan seperti titik pada sisi kanan dan hubungkan dua titik tersebut dengan garis. Hal yang sama dilakukan pada sisi kiri.
  6. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci ke dalam empat shape arrow pentagon.

Desain # 5 : Shape, Gambar Foto dan Icon

Slide di atas merupakan variasi keempat dari model desain slide # 1. Slide tersebut dibuat dengan menggunakan shape, gambar foto, icon dan kata kunci. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan dua shape oval dengan titik pusat yang sama.
  2. Masukan gambar foto ke dalam shape oval yang lebih kecil dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Shape oval yang kedua dibuat garis dengan menghilangkan shapenya dengan menggunakan fitur shape fill.
  4. Masukan empat shape oval yang diisi empat icon.
  5. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di sebelah empat shape oval yang berisi icon.

Dalam mempresentasikan kelima slide di atas, Anda dapat menggunakan animasi. Anda keluarkan satu-satu gambar foto/shape/icon dan kata kunci. Tujuannya agar audiens Anda fokus kepada gambar foto/shape/icon dan kata kunci yang Anda tampilkan. Kemudian, berikan penjelasan lebih rinci dari kata kunci tersebut.

Lakukanlah hal yang sama untuk gambar foto/shape/icon dan kata kunci kedua. Kemudian, berikan penjelasan lebih rinci dari kata kunci tersebut. Selanjutnya, lakukan hal yang sama sampai semua gambar foto/shape/icon dan kata kunci dijelaskan.

****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *