BUKALAH RUANG AGAR SISWA KRITIS DALAM PEMBELAJARAN

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Kurikulum 2013 telah mewajibkan para guru untuk mengajarkan dan merangsang siswa dalam berpikir kritis melalui beragam metode dan evaluasi yang menggunakan pertanyaan tingkat tinggi. Critical thinking (berpikir kritis) merupakan bagian dari menalar. Berpikir logis dan rasional termasuk berpikir dasar, sedangkan berpikir kritis, berpikir kreatif, mengambil keputusan termasuk berpikir kompleks. Berpikir kritis berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan masalah secara kreatif dan berpikir logis sehingga menghasilkan pertimbangan dan keputusan yang tepat.

Berpikir kritis ditafsirkan dengan beragam kalimat dalam berbagai sudut pandang oleh banyak ahli. Krulik dan Rudnik (1993) menyampakan bahwa berpikir kritis sebagai perilaku berpikir yang menguji, menghubungkan dan mengevaluasi semua aspek dari situasi masalah. Termasuk dalam berpikir kritis adalah kemampuan mengelompokkan, mengorganisasikan, mengingat dan menganalisis informasi. Berpikir kritis memuat kemampuan membaca dengan pemahaman dan mengidentifikasi materi yang diperlukan dengan yang tidak ada hubungan. Hal ini juga berarti dapat menggambarkan kesimpulan dengan sempurna dari data yang diberikan, dapat menentukan ketidakkonsistenan dan kontradiksi dalam sekelompok data. Berpikir kritis adalah analitis dan refleksif.

Critical thinking diusahakan dengan sengaja secara aktif, sistematis, mengikuti prinsip logika dan mempertimbangkan berbagai sudut pandang untuk mengerti dan mengevaluasi informasi dengan tujuan apakah informasi diterima, ditolak atau ditangguhkan penilaiannya (Takwin, 1997). Frase ini juga berhubungan dengan kemampuan yang dimiliki individu untuk melihat dan memecahkan masalah yang ditandai dengan sifat dan bakat kritis yaitu mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, imajinatif dan selalu tertantang oleh kemajemukan, berani mengambil resiko dan survive dengan menghargai hak orang lain, arahan bahkan bimbingan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *