Peluang Menjadi Fasilitator Guru Penggerak Batch 6 Tahun 2021

EqulibriumNews – Hasrat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan terus dilakukan pemerintah. Salah satu terobosan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada era Nadiem Makarim adalah penyelenggaraan Guru Penggerak yang saat ini hendak dilakukan penguatan guru penggerak angkatan ke 6 tahun 2021. Untuk maksud tersebut, pemerintah membutuhkan banyak fasilitator yang akan diberdayakan sebagai pendamping pada kegiatan PGP (Pendidikan Guru Penggerak). PGP dilakukan pemerintah dengan tujuan untuk memperoleh Guru Penggerak yang dapat berperan sebagai pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan mampu menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.

Tugas utama sebagai fasilitator guru penggerak adalah mencatat perkembangan calon guru penggerak selama pendidikan guru penggerak berlangsung dan dilakukan secara daring, mengumpulkan tugas-tugas dan memberikan umpan balik kepada calon guru penggerak. Selanjutnya adalah memberikan motivasi dan membantu calon guru penggerak dalam menjalankan perannya, turut memberikan umpan balik kepada instruktur untuk perbaikan sesi dan memfasilitasi proses diskusi dan refleksi calon guru penggerak. Elemen pendidikan yang diharapkan mendaftarkan diri sebagai calon fasilitator adalah Widyaiswara dan Pengawas Sekolah yang memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Adapun persyaratan yang diperlukan agar dapat mendaftar sebagai calon fasilitator Guru Penggerak, diantaranya adalah (1) memiliki kualifikasi pendidikan minimal S2 untuk widyaiswara dan minimal S1 untuk Pengawas Sekolah; (2) memiliki pengalaman megajar dan/atau melatih minimal 5 (lima) tahun; (3) berkomitmen untuk memenuhi kewajiban secara penuh sebagai fasilitator; (4) mendapatkan izin dari atasan langsung; (5) tidak menjadi asesor, instruktur, pelatih ahli atau sedang proses mengikuti seleksi sebagai asesor, instruktur atau pelatih ahli paad program sekolah penggerak dan (6) tidak menjadi asesor, pengajar praktik/pendamping, atau sedang proses mengikuti seleksi sebagai asesor, pengajar praktik pendamping pada program pendidikan guru penggerak.

Kepada para widyaiswara dan pengawas sekolah yang berniat untuk mengikuti kegiatan ini, dapat men-download Surat edaran Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4019/B.B2/GT.03.15/2021 Tentang Rekruitmen Fasilitator Angkatan 6 Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021 pada lembaran berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *