Pembelajaran Berdiferensiasi Bak Kokok Ayam di Pagi Hari

Menyusun koneksi antar materi, adalah salah satu bentuk tugas dalam Program Pendidikan Guru Penggerak. Pada media e-training_nya dalam bentuk Learning Management System (LMS), pada kegiatan akhir sudah pasti ada tugas mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan materi-materi sebelumnya. Sungguh tepat, tugas ini untuk memfasilitasi peserta dalam rangka mengingat dan mengulang kembali materi-materi yang sudah dipelajari, sekaligus sebagai upaya Penguatan pemahaman materi.

Kali ini, Pembelajaran Berdiferensiasi adalah materi yang akan dibahas keterkaitannya dengan materi-materi sebelumnya.

Sebelumnya, marilah kita mengupas ulang terlebih dahulu tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu yang bertujuan untuk mengarahkan murid agar mengikuti pembelajaran sesuai minat, tingkat kesiapan belajar dan profil belajar yang berbeda satu dengan lainnya.

Sebelum kita membahas tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi,  kita harus pahami terlebih dahulu mengenai 3 aspek kebutuhan belajar murid. Yakni 1) Kesiapan belajar, 2) Minat Belajar dan 3) Profil Belajar. Kebutuhan belajar murid ini, harus selalu menjadi dasar bagi praktek diferensiasi yang kita lakukan di kelas.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *