Tes Untuk Antisipasi Covid-19

EquilibriumNews – Tes merupakan salah satu alternatif yang dilakukan pemerintah secara massal untuk menangani penyebaran virus Covid-19. Dari hasil tes yang dilakukan, petugas kesehatan dapat mengetahui apakah individu sudah terinfeksi virus Covid-19 atau tidak. Hingga saat ini, tidak satu macam tes yang dapat digunakan. Masyarakat sudah familiar dengan sebutan rapid test, PCR dan swab, meski pun sebagian besar dari mereka tidak memahami secara jelas esensi dan eksistensi dari ketiga test tersebut. Ketika pemerintah mewajibkan masyarakat melakukan itu, mereka patuh tanpa mempertanyakan lebih jauh. Demikian juga halnya dengan vaksin. masyarakat awam hanya paham bahwa mereka wajib mengikuti program vaksinasi (sebanyak 2 kali) untuk mencegah Covid-19 dan sebagai syarat untuk mengurus berbagai kelangkapan administrasi atau hal lain yang dibutuhkan.

Tiga jenis tes yang saat pandemi ini digalakkan sesungguhnya sangat berkaitan satu dengan yang lainnya.  Terlebih antara swab dengan Rapid test. Hanya PCR yang agak berbeda dari kedua jenis test yang disebut sebelumnya. Namun, yang jelas RDT, swab dan PCR adalah istilah dalam metode pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya Covid-19 dalam tubuh seseorang. Selain itu masyarakat juga dapat melkaukan tes antibodi.

Rapid diagnostic test – RDT) dalam penanganan pandemi Covid-19 berfungsi untuk mendeteksi protein virus (dikenal sebagai antigen). Tes dilakukan dengan cara mengambil sampel dari hidung dan/atau tenggorokan dengan swab. Tes RDT dijalankan dalam rangka menyaring PDP (pasien dalam pengawasan) dan ODP (orang dalam pemantauan) dengan mengambil sampel darah dari kapiler (jari) atau dari vena.

Tes jenis ini dikenal juga dengan nama tes serologis. Dalam hal diagnosis Covid-19, akurasi rapid test bisa mencapai 90 persen. Proses untuk mengetahui hasil tes ini sangat cepat, bisa hanya dalam waktu 30 – 60 menit dan sebaiknya dilakukan di laboratorium oleh petugas yang mempunyai kompetensi . Harga alatnya pun terjangkau. Itu menjadi salah satu kelebihan rapid test sehingga dapat digunakan untuk memeriksa banyak orang sekaligus dalam satu waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *